Preaload Image

Sesi Ngopi Vol. 4 “Krisis Keuangan”

Ngopi Vol. 4 bersama Kak Isti Khairani

Apa Itu Krisis Keuangan?

Pada dasarnya uang itu bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang. apalagi kita selaku mahasiswa lebih banyak pengeluarannya di banding pemasukan. Krisis keuangan itu tergantung mindset kita, apakah kita dalam mengelola keuangan ini selalu sesuai dengan kebutuhan atau keinginan.Yang paling penting mindset kita untuk membatasi keinginan kita dan punya planning. Keinginan kita di zaman sekarang sangat tinggi seperti ingin punya gadget, jalan-jalan ke tempat kekinian. tapi keuangan nya sedikit, Dalam menabung sebaiknya membedakan antara rekening yang biasa di gunakan dan rekening untuk menabung supaya tidak terus khilaf untuk keseringan berbelanja. selain itu supaya keuangan tidak meledak buatlah catatan anggaran keuangan. Sebagai mahasiswa sebenarnya sudah ada berusaha untuk mencari penghasilan tambahan, cara untuk mengatasi krisis keuangan atau pengeluaran yang makin besar dari pendapatan adalah dengan menabung, dan membuat catatan anggaran bulanan, dan laporan keuangan pribadi. yang isinya hanya tambah kurang pengeluaran dalam 1 bulan, selain itu bisa download aplikasi catatan keuangan. dan sering-sering lakukan finansial chek-up supaya tau keuangan kita sehat atau tidak

Apakah Dampak dari Krisis Keuangan?

Beliau mengatakan bahwa dampak dari krisis keuangan yaitu Disaat mengelola keuangan yang kurang baik dampaknya hidup kita ga tenang, karena kita berkejar-kejaran dengan materi. Akhirnya membuat perilaku konsumtif dan perilaku kita membludak. Kita harus punya banyak ilmu tentang keuangan agar kita bisa memperbaiki keuangan kita (finansial cek) harus kita perbaiki dan punya goals (tujuan yang jelas) dan Kita harus coba sesuai passion kit, dicoba dulu aja. Ada yang memang unya passion dari dulu misalnya educator, ada juga penghasilan tambahan dari magang seperti mencari internship-internship. Yang penting kita punya niat yang jelas. Bukan hanya tentang menerima profit tetapi tujuan dan alasannya yang jelas. Bisa kenali dulu potensi dan skill yang dimiliki. Dan masih banyak lagi aneka aktivitas seperti fotografer, videographer, volunteer, atau banyak relasi & followers agar banyak mitra-mitra yang dikenal.

Kesimpulan :

Krisis keuangan itu tergantung mindset kita, apakah kita dalam mengelola keuangan ini selalu sesuai dengan kebutuhan atau keinginan.Yang paling penting mindset kita untuk membatasi keinginan kita dan punya planning. dalam menabung sebaiknya membedakan antara rekening yang biasa di gunakan dan rekening untuk menabung.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Powered by WhatsApp Chat

× Chat kami untuk info Schole Fitrah