Preaload Image

Sesi Ngopi Vol. 3 “Literasi Kesehatan Mental Sejak Usia Dini, Apa Urgensinya?”

Mental Health

Ngopi Vol. 3 bersama Fathiyatus Syafigah (Psychology Student, Chief Product Officer Student Changes)

Apa itu Mental Health?

Kesehatan dan kebahagian diri sendiri adalah hal yang utama dalam menjalankan aktivitas atau biasa disebut mental health. Nah, apakah sobat scholers sudah tahu terkait mental health? Mental health merupakan sebuah kondisi yang memungkinkan adanya perkembangan yang optimal baik secara fisik, intelektual, dan emosional yang sesuai dengan keadaan setiap orang. Mental health menjadi salah satu faktor utama dalam menciptakan lingkungan yang terbuka dan positif serta dapat menyelamatkan banyak kehidupan orang lain di luar sana. Selain kesehatan fisik, kesehatan mental pun perlu diperhatikan, sebab tidak semua yang terlihat sehat secara fisik juga sehat secara mental. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan kesehatan mental sebagai keadaan sosial dan kesejahteraan emosional, bukan hanya tidak adanya gangguan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kesehatan mental adalah sumber daya untuk hidup yang penting bagi semua anak-anak untuk berkembang dan juga bagi pembangunan manusia yang optimal. Pembangunan yang optimal harus mampu meminimalisir adanya masalah mental atau depresi. 

Bagaimana Cara Menyikapi Depresi?

Salah satu hal yang kerap terjadi saat seseorang, teman, bahkan diri kita sedang mengalami banyak masalah berupa tekanan merupakan salah satu bentuk terjadinya depresi. Depresi bukan perasaan sedih biasa melainkan masalah serius yang cara mengatasinya tidak mudah. Biasanya depresi ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam dan menurunnya minat untuk melakukan aktivitas sehari-hari atau hal yang disukainya. Depresi bisa dialami oleh siapa saja dan tidak memandang umur. Menghadapi orang depresi bukanlah hal yang mudah, salah satu contohnya adalah teman dekatmu. Mungkin kamu merasa tidak mampu menghadapi temanmu yang mengalami depresi, tapi mendiamkan juga bukan pilihan yang tepat. Inilah beberapa hal yang bisa kamu lakukan bila temanmu depresi: 

1. Dengarkan Dia

Hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi teman saat depresi adalah mendengarkan keluh kesah dan ceritanya. Saat temanmu bercerita pun coba dengarkan secara seksama, jangan terburu-buru menanggapi ceritanya. Setelah itu barulah memberikan masukan atau solusi (jika diperlukan, ada baiknya bertanya terlebih dahulu).  Adapun respon yang perlu kamu hindari seperti mengadu nasib “Ah kamu mah mending, aku……” atau mengukur ketakwaan “Mungkin kamu kurang mendekatkan diri pada Tuhan”. Kata-kata seperti itu jangan pernah sampai ada dalam memberikan respon saat teman curhat, karena hal ini akan tambah membuat dia semakin terpuruk. Lebih baik kita memberinya semangat dan sedikit hadiah untuk menghiburnya.

2. Tunjukkan Rasa Empati

Tunjukkan rasa empati dan sikap peduli  kepada temanmu yang mengalami depresi. Tanyakan keadaan yang dirasakan dan hal-hal yang belakangan terjadi pada temanmu. Selain itu, menawarkan bantuan kepadanya agar terasa lebih tenang dan aman. 

3. Sarankan atau Temani ke Psikolog 

Sarankan untuk ke Psikolog atau Psikiater, bila perlu tawarkan diri untuk menemaninya dalam berkonsultasi. Untuk masalah serius ini, kita tidak bisa self diagnose yang bisa memperparah keadaan. Ada baiknya tanyakan langsung ke ahlinya agar dapat mengetahui kondisinya dan cepat ditangani. 

4. Menjadi Orang Kepercayaan

Sebagai salah satu orang yang dipercayai mendengarkan semua ceritanya, kamu harus mampu menjaga rahasianya, jangan sampai membocorkan ke orang lain bahkan teman yang lainnya.

Seberapa Pentingnya Literasi Kesehatan Mental Bagimu? 

Telah diketahui bahwa kesehatan bukan hanya terpaku pada kesehatan fisik, melainkan pada kesehatan mental kita. Seringkali sebagian besar orang mencari kebahagiaan dan ketenangan dengan “self healing”. Tanpa disadari hal tersebut dapat menciptakan suasana hati dan pikiran lebih tenang dan fresh. Kesehatan mental perlu diperhatikan secara intens karena penyembuhannya bisa dikatakan cukup sulit, tidak cukup sekadar obat saja melainkan perlunya perhatian dari ahlinya. Selain itu, kesehatan mental merupakan salah satu yang penting dalam hidup, apalagi hal tersebut bersifat sensitif yang mana dapat mempengaruhi segala aspek kehidupan. Jangan pernah takut untuk bertanya, jangan pernah takut salah, serta jangan pernah takut untuk berbagi keluh kesah apa yang dirasakan kepada orang yang dipercaya atau ahlinya (psikolog atau psikiater).

Kesimpulan

Kesehatan mental adalah hal yang paling berharga dalam mengarungi dan menjalani tatanan kehidupan. Apabila para sobat mengalami gangguan atau terjadi suatu masalah jangan pernah takut untuk berbagi dan mencari solusi. Kesehatan mental bukanlah hal biasa tetapi hal luar biasa yang patut kita jaga untuk mengarungi tatanan kehidupan selanjutnya.  Semoga kita semua tetap diberikan kebahagian dan kesejahteraan.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Powered by WhatsApp Chat

× Chat kami untuk info Schole Fitrah