Sesi Ngopi Vol. 1 “Insecure Itu Ketakutan Pikiran Kita atau Theater of Mind”

flyer-artikel-4

Ngopi Vol. 1 bersama Sri Haryati. M. Ag. sebagai Fasilitator Founder Creative Women Institut (CWI) Pergerakan dan Pemberdayaan para Ibu 

Rabu, 20 Oktober 2021 Schole Fitrah lagi-lagi mengadakan kegiatan Schole Fitrah mengadakan kegiatan rutinan berupa literasi NGOPI (Ngobrol Pakai Ilmu) melalui live streaming Instagram. Hari ketiga kali ini tidak kalah hebatnya juga yang mana membahas terkait Insecure. Insecure tentunya tidak terlepas dari kita semua, dan hal itu bahkan sudah pasti ada dalam diri kita. Namun, insecure sendiri juga harus mampu menjadi motivasi dan pendorong diri kita untuk terus mampu meningkatkan percaya diri dan yakin pada kemampuan yang kita miliki dan yakin bahwa diri kita bisa. Nah, lalu apa sih arti dari insecure pada pemuda? Insecure lawan dari secure. Insecure berarti rasa tidak aman yang diterima dan dirasakan diri sendiri. Penyebab insecure, secara garis besar bisa karena body image, pencapaian. Insecure bahasanya anak gaul sekarang, khawatir yang berlebihan. Insecure itu ketakutan pikiran kita atau “Theater of Mind”

Kunci menghadapi insecure adalah dengan kenali diri dulu, harus berani berhadapan dengan diri sendiri dan coba keluar dari zona nyaman. Manusia itu kalo ga menghadapi masalah atau tantangan, dia akan menghindar masalah atau tantangan.  

Insecure Pada Pemuda

Insecure pada pemuda dasarnya insecure ini  bisa dirasakan oleh siapapun. Karena ada perasaan takut berlebih, itu ada pada masa semua seperti masa anak-anak, masa remaja, masa orangtua. Jika berdasarkan dengan fitrah perkembangan dan individualitas insecure sendiri sangat berkaitan dengan fitrah tersebut, karena telah kita ketahui bahwa fitrah tersebut sangat mempengaruhi perkembangan dari diri kita. Berdasarkan teori maslow tentang kebutuhan dasar, kebutuhan dasar itu ada hierarkinya. di usia sebelum orang dewasa, harusnya lingkungan bisa memenuhi kebutuhan itu. Lingkungan tersebut adalah ayah dan ibu nya. Sebelum mengenal ilahiah, seorang anak harus mengenal dulu kasih sayang dan cinta dari ayah ibu.

Kebutuhan dasar tingkat rendah meliputi Bertahan hidup, Rasa memiliki, Rasa aman. Oleh lingkungan ayah ibunya, sebelum ia mengenal Tuhan nya, harus di kenalkan oleh konsep cinta ayah ibu, sehingga dia tau konsep cinta allah itu dari ayah ibunya, dan ia akan memiliki pondasi untuk menghadapi masalah dengan berani, ia akan fighting, karena dia punya modal besar untuk menghadapi itu. Ego dan individualitas itu cirinya adalah eksplorasi, berawal dari eksplorasi fisik, kemudian eksplorasi emosional.

Cara Mengatasi Insecure

Bagaimana cara kita untuk dapat mengurangi bahkan menghilangkan  insecure pada pemuda? hal yang harus diperhatikan yaitu stop membandingkan diri dengan orang lain. Boleh membandingkan diri dengan orang lain asal dijadikan sebagai motivasi. Selain itu, bisa dengan menerima diri sendiri dan membiasakan dengan hal-hal yang membuat kita takut. Tentunya kita harus bersyukur kepada kepada Tuhan bahwa kita menerima diri kita, jika kita membiasakan diri kita, kita akan terlatih untuk tidak insecure. Setiap individu punya pemberian yang luar biasa seperti bakat. Karena kita diciptakan itu kita yang paling hebat dan luar biasa kalau kita tidak bisa mengembangi kita berdosa karena tidak mengembangkan pemberian tuhan.

Ada 3 kunci yang dapat diterapkan untuk menghadapi atau mengurangi insecure. Yang pertama, belajar terhadap kedalaman masalah. berani menghadapi hal yang kita takutkan. Kemudian yang kedua, bersyukur, serta yang ketiga masih ada yang cinta kita melebihi siapapun, dia adalah Tuhan kita. segala bentuk masalah yang hadir, itu adalah ketentuan dari Tuhan. Tinggal penyikapan kita terhadap masalah masalah yang kita terima dari Tuhan. Ambil hikmah dari setiap masalah. 

Kesimpulan

Insecure bahasanya anak gaul sekarang, khawatir yang berlebihan. Insecure itu ketakutan pikiran kita atau “Theater of Mind”dan kunci menghadapi insecure adalah dengan kenali diri dulu, harus berani berhadapan dengan diri sendiri dan coba keluar dari zona nyaman.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *