Preaload Image

Kelas Pemuda “Metaverse itu apa ya?”

Kelas Pemuda Family Bootcamp bersama Wisnu dari Divisi Web Specialist

Semakin tua bumi ini, semakin berkembang juga hal-hal yang di dalamnya. termasuk dengan sebuah alat yang dapat memudahkan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari manusia, sebut saja Teknologi. Teknologi adalah alat yang memudahkan aktivitas manusia. hal ini senada dengan yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ini Teknologi diartikan dengan keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Selanjutnya juga, disampaikan oleh Manuel Castell, beliau menjelaskan bahwa teknologi adalah suatu aturan, alat, dan juga prosedur dalam menerapkan pengetahuan ilmiah untuk pekerjaan khusus dalam suatu kondisi yang mampu memungkinkan pengulangan. Kehidupan semakin mudah dengan adanya teknologi. Melihat dari kegunaan teknologi, maka perlu dipahami oleh kita semua tentang penggunaan teknologi, kalau tidak maka rugi yang akan kita dapatkan

Teknologi ini semakin cepat perkembangannya, beberapa tahun kebelakang yang kita temui adalah telepon genggam dengan fitur terbatas dan bentuk yang cukup besar. dan sekarang kita tidak menemui hal itu lagi. yang kita temui dewasa ini adalah telepon genggam dengan bentuk yang tipis dan memiliki banyak sekali fitur atau biasa kita sebut dengan “Smartphone”. Hal ini memang karena sifat teknologi itu berkembang secara eksponensial. Lalu apa itu eksponensial? Dalam keilmuan matematika, eksponensial ini diartikan sebagai angka atau sebagian yang ditulis di sebelah kanan atas angka lain yang menunjukan pangkat dari angka tersebut, contohnya angka 2 pada 22. Sifat eksponen ini terkesan sederhana, tetapi jika terus menerus maka akan memiliki nilai yang tinggi. Seperti sebuah kejadian yang terjadi dimasa lampau. 

Alkisah seorang bijak bernama Sissa ibn Dahir menciptakan permainan catur untuk seorang Raja di India, namanya Shihram. Sang raja sangat senang dengan permainan ini dan ingin memberi hadiah untuk Sissa. Setelah berpikir sejenak, si penemu catur meminta hadiah ini: sebutir gandum untuk kotak pertama catur, lalu dua butir untuk kotak kedua, empat butir untuk kotak ketiga, delapan butir untuk kotak keempat, dan demikian seterusnya hingga kotak ke-64. Sang raja terheran-heran. Bagaimana mungkin Sissa hanya meminta imbalan yang sekecil itu padahal dia bisa meminta hadiah yang jauh lebih mewah dan besar? Sang raja segera menyanggupi dan menyuruh pelayannya menghitung berapa banyak bulir gandum yang harus Dia berikan pada Sissa. Baru sampai di kotak ke-32, ternyata hitungannya sudah mencapai empat  miliar bulir gandum atau sekitar 100 ton gandum. Dan ketika si pelayan sampai di kotak catur ke-64, ternyatalah bahwa sang raja tak akan mampu menyediakan gandum sebanyak itu. Jumlah totalnya adalah: 18,446,744,073,709,551,615 bulir gandum. Setara dengan enam kali lipat berat semua makhluk hidup di bumi saat itu. Begitulah kurang lebih gambaran dari teknologi dan perkembangannya.

Di masa lampau kita akan kesulitan untuk sekadar bertukar suara dengan orang yang jauh disana. Telepon genggam masih sangat terbatas. dan tak heran mesti ke warung telepon “Wartel” untuk sekadar bertukar suara dengan sanak keluarga yang jauh disana. Sekarang, kita dengan mudah bisa merasakan kehadiran sanak keluarga yang jauh disana. bukan hanya sekadar bertukar suara. bahkan kita bisa melihat fisik dibalik telepon genggang atau gawai. Di masa depan, kita akan mengenal sebuah perkembangan teknologi yang bernama “Metaverse”. Apa itu metaverse?

Metaverse rasanya masih asing di telinga kita. tapi metaverse ini adalah hal yang telah disiapkan oleh beberapa orang. Dan bukan tidak mungkin, metaverse ini akan terjadi dalam beberapa tahun kedepan. Sebelum kita masuk kedalam dunia metaverse, perlunya kita mengenal terlebih dahulu dunia metaverse itu apa. Metaverse ini secara sederhana adalah dunia Virtual Reality. Virtual Reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Metaverse menurut  Tim Sweeney adalah media sosial 3D yang bisa diakses secara realtime. Dengan menggunakan media itu, orang-orang akan bisa membuat konten di dunia virtual dan saling berbagi konten tersebut. Para pemain juga akan punya kesempatan yang sama untuk mengubah keadaan sosio ekonomi di dunia virtual tersebut. Kemudian menurut Facebook, Metaverse adalah seperangkat ruang virtual yang anda dapat diciptakan dan jelajahi dengan orang lain yang tidak berada di ruang fisik yang sama dengan anda.

Dari pengertian terhadap metaverse diatas, dapat disimpulkan bahwa metaverse adalah kehidupan seperti di dunia nyata yang dapat dilakukan dalam ruang virtual. Metaverse ini adalah bentuk lebih canggih dari teknologi yang kita gunakan sekarang seperti panggilan suara atau panggilan video. Metaverse ini membuat pengguna dapat interaksi dan transaksi yang tidak terbatas ruang dan waktu. karena metaverse ini dapat mengubah keadaan sosio ekonomi di dunia virtual tersebut. Setelah kita tahu metaverse itu apa, dalam rangka menyambut metaverse ini kita pun harus mengetahui kelebihan dan kekurang serta cara menghadapi metaverse. Mari kita ulas satu persatu.

Kelebihan metaverse yang disampaikan dalam kelas pemuda Family Bootcamp ini antara lain adalah:

  1. Tanpa Batas,

Metaverse ini karena ruang virtual, maka dia bersifat tanpa batas. dan bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

  1. Meningkatkan produktivitas

Dengan metaverse ini, produktivitas memang dapat meningkat. hal ini dikarenakan metaverse menyajikan dunia digital lebih nyata.

  1. Konektivitas 

Terhubung dengan semua orang adalah prinsip dasar dari dunia virtual.  

Selain kelebihan, metaverse ini memiliki kekurangan loh. antara lain; sistem ekonomi yang digunakan kapitalisme, si pemilik modal akan sangat diuntungkan. kemudian yang kedua adalah adiktif, metaverse akan menjadi candu. dan akan ketergantungan untuk si penggunanya. dan terakhir adalah privasi. kenapa privasi? karena untuk masuk ke dalam dunia virtual atau metaverse ini banyak hal yang perlu di submit. dan bukan tidak mungkin ini akan mengambil banyak data pribadi kita. Melihat dari urgensi dari metaverse ini, dan kelebihan serta kekurangan, tentunya keberadaan metaverse ini tidak bisa begitu saja kita tolak. setidaknya kita bisa mempersiapkan beberapa hal untuk menghadapi metaverse.  diantaranya kita bisa dengan  menerima keberadaan teknologi. Kemudian, mempelajari teknologi. Dan tetap menjadi diri sendiri.  Pada akhirnya, teknologi pasti akan berkembang. dan manusia akan menjadi pengguna teknologi nya. Maka dari itu perlunya manusia mempersiapkan diri untuk menghadapi perkembangan teknologi.

Kesimpulan

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Teknologi ini penting untuk kehidupan sehari-hari karena dengan teknologi akan mempermudah kehidupan. maka seyogyanya kita perlu menyiapkan diri untuk kemajuan teknologi. salah satu teknologi yang akan dihadapi adalah metaverse. Metaverse adalah seperangkat ruang virtual yang anda dapat diciptakan dan jelajahi dengan orang lain yang tidak berada di ruang fisik yang sama dengan anda. ini perlu dipersiapkan dan tetap jadi diri sendiri.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Powered by WhatsApp Chat

× Chat kami untuk info Schole Fitrah